Charlie Munger menyarankan empat tindakan yang diperlukan investor:

  1. Persiapan
  2. Disiplin
  3. Kesabaran
  4. Ketegasan

Persiapan

Tahap ini adalah tahap yang cukup berat selama waktu yang bisa jadi cukup lama. Misalnya, menyeleksi perusahaan demi perusahaan yang bagus dan layak untuk diinvestasikan. Dari 1000 perusahaan, bisa jadi hanya 25 perusahaan yang mempunyai kinerja yang cukup baik dan bisnis yang memang sudah terbukti selama puluhan tahun. Peter Lynch menyebut ini sebagai mencari ulat di bawah batu, “Jika Anda membalik 10 batu kemungkinan besar Anda akan menemukan 1 ulat”. Bisa jadi kita membalik ratusan batu namun, satupun ulat tidak ketemu. Namun pekerjaan itu harus tetap dilakukan untuk tetap menemukan ulat pada akhirnya.

Disiplin

Disiplin sangat diperlukan untuk berpegang pada filosofi investasi yang sehat. Hal ini sangat sulit terutama ketika orang-orang di sekitar kita menghasilkan keuntungan yang tampaknya mudah. Apalagi yang melakukan spekulasi dan mengikuti arus kegilaan pasar. Pikiran bisa saja goyah : haruskan kita bergabung dengan mereka dan mengikuti apa yang sedang popular?

Kesabaran

Berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun bisa saja berlalu ketika Anda mengikuti prinsip investasi yang cerdas meskipun itu berarti portofolio Anda sedang berkinerja buruk, dan tak bisa berinvestasi lagi di tempat lain, Saat itulah dibutuhkan banyak kesabaran menunggu momen untuk pasar berbalik arah.

Munger juga menasihati untuk “Berkomitmen meluangkan lebih banyak waktu untuk belajar dan berpikir daripada melakukan tindakan”.

Kedua penyakit ini yaitu ketakutan dan keserakahan (Fear & Greed) akan selamanya muncul di dalam komunitas investasi.

Ketegasan

Sikap ini adalah sikap untuk melakukan tindakan pembelian atau penjualan saat waktu dan kondisi yang tepat untuk dilakukan. Tentu hal ini dapat dilakukan ketika ketiga hal di atas sudah dengan sangat matang dilakukan.

Tetap berpegang pada prinsip Dalam suka dan Duka

Disadur dari buku Glen Arnold : The deals of Warren Buffet Volume 2

close

Subscribe!

Dapatkan Postingan Terbaru Via Email !

Take a look at our Privacy Policy for more info.

Leave a Reply

Your email address will not be published.