Aku baru membaca tentang biografi pendiri Alibaba, Jack Ma. Masih sekitar 3 Bab, namun banyak insight dan pelajaran yang kudapat dari kisah hidupnya.

Ternyata Jack Ma adalah seorang yang pertama kali membuat website di negeri China kala itu.

Dia sangat cepat dalam menangkap peluang dan melihatnya sebagai sebuah bisnis.

Berawal dari dosen Bahasa Inggris, dia dipercaya oleh pemerintah China untuk melakukan negosiasi dengan investor AS untuk mendapatkan pendanaan proyek infrastruktur yang kala itu mengalami kendala dana.
Di AS dia dihadapkan dengan dunia baru, yakni internet. saat itu dia langsung bisa melihat peluang besar di balik itu, dan langsung mendirikan website di China yang menjadi website pertama di negeri itu.

Alhasil dengan kesempatan itu, dia memberanikan diri untuk resign dari pekerjaannya dan memasuki babak baru sebagai pebisnis.

Masih sebatas itu yang kubaca, namun itu sangat memberikan inspirasi bahwa bagaimana seorang pemuda berumur 30 tahun sangat berani mengambil keputusan (take a decision) dengan kabut yang tak jelas di hadapannya.

Prinsip hidupnya, “Berlari secepat kelinci, bersabar seperti kura-kura” menjadi begitu bermakna buatku pribadi.

Seperti halnya memutuskan untuk berbisnis, berinvestasi pun demikian.

Butuh keputusan untuk benar-benar serius di dunia investasi ini. Begitu banyak peluang, namun begitu pekatnya kabut di hadapan kita, yang tak pernah hilang dan menampakkan wujudnya, karena yang kita lihat adalah masa depan, yang tak pernah terlihat.

Yang bisa kita lakukan adalah selalu belajar, berjuang, pantang menyerah, bersabar dan berlari secepat kelinci apabila melihat peluang besar di hadapan kita.

Dan kemarin baru saja di hiruk pikuknya KRL sore hari, menonton youtube Monish Pabrai tentang penilaiannya akan perusahaan Alibaba dan Tencent, membuatku menjadi sangat tertarik mempelajari kedua perusahaan global ini.

Mampukah aku melihatnya sebagai peluang dan berlari secepat kelinci untuk menangkapnya, dan menanti sesabar kura-kura untuk hasilnya?

Biar waktu yang menjawabnya.

Buitenzorg.

close

Subscribe!

Dapatkan Postingan Terbaru Via Email !

Take a look at our Privacy Policy for more info.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *