Ini adalah salah satu buku terbaik yang pernah kubaca, yang membentuk pola pikir ku dalam berinvestasi.

Dikisahkan, di Babylon kuno, hiduplah seseorang yang amat kaya yang Bernama Arkad. Dia sangat murah hati dan rajin bersedekah, serta membantu orang lain.

Suatu hari, teman-temannya yang susah, datang kepadanya dan mengatakan “ Arkad, kau sekarang menjadi orang terkaya di Babylon, padahal dulu kita bermain Bersama, belajar Bersama, kau tak lebih pintar dari kami, kau tidak juga lebih bekerja keras dibandingkan kami, bagaimana bisa nasib membuatmu memperoleh itu sementara kami tidak?”

Lalu arkad menjawab , “Bila selama ini kalian tidak mendapatkan lebih dari sekedar cukup untuk bertahan hidup, itu karena kalian telah gagal dalam mempelajari hukum yang mengatur tumbuh dan berkembangnya kekayaan, atau kalian tidak memperhatikan hukum-hukum itu”.

“kau sudah mencapai apa yang kau inginkan, kami akan berterima kasih bila kau mau mengajarkan kepada kami caranya”, pinta teman-temannya.

Singkat cerita Arkad menceritakan kisah hidupnya, yang tak lebih baik awalnya daripada yang lain, dia awalnya hanya seorang juru tulis , dan suatu hari, dia mendapat pesanan dari Algamish, seorang yang kaya raya untuk mengukir Salinan, dan Arkad, bertanya kepadanya bagaimana si Algamish itu , bisa menjadi kaya raya.

Algamish memberikan kebijaksanaan, “Kutemukan jalan menuju kekayaan Ketika aku memutuskan bahwa sebagian dari seluruh perolehanku harus kusisihkan untuk diriku sendiri.” INI ADALAH PRINSIP PAY YOURSELF FIRST

“Kau simpan bagi dirimu sepersepuluh dari seluruh pendapatanmu, tidak peduli seberapa sedikit yang kau dapatkan.” MINIMUM 10% PENGHASILAN

“Setiap keping emas yang kau tabung adalah budak yang harus bekerja bagimu, setiap keping tembaga yang dihasilkan oleh emas, harus juga memberi penghasilan bagimu, anak-anak dari hasil tabungan itu akan membantumu memberikan kelimpahan yang kau inginkan.” INVESTASIKAN

“Kekayaan itu seperti pohon, yang tumbuh dari benih kecil. Keping tembaga yang pertama kau tabung merupakan benih dari pohon kekayaanmu yang akan terus tumbuh, semakin cepat kau tanam benih itu, semakin cepat pula pohon itu tumbuh. Dan semakin rajin kau pupuk dan sirami pohon itu, semakin cepat pula akan kau nikmati kerimpunan di bawah naungannya.” COMPOUNDING

Itu adalah kisah yang saya ringkas dan garis tebalin tentang prinsip utama dalam edukasi finansial .

Kisah lengkapnya berlanjut dalam buku ini dan sangat kaya akan edukasi yang smudah dipahami, yang prinsipnya menurutku tak akan lekang oleh waktu . Kisah klasik yang sangat apik dituliskan tahun 1926 oleh George Clayson.

Juga terdapat kisah lain yang membuat kita akan merefleksikan kebenarannya, Ketika kita tidak memiliki ilmu pengetahuan tentang pengelolaan keuangan, pada akhirnya kita akan terpuruk dan menggerogori pundi-pundi kita.

Pelajaran penting lainnya yang menarik adalah Clayson menuliskan tentang 5 hukum emas seperti yang sebelumnya saya pernah tuliskan di sini.

5 Hukum tentang emas :

  1. Dengan senang hati dan dalam jumlah yang semakin besar, emas akan mendatangi siapapun yang mau menyisihkan tidak kurang dari sepersepuluh (10%) penghasilannya untuk menciptakan harta benda bagi masa depannya maupun keluarganya
  2. Dengan rajin dan riang gembira, emas bekerja bagi pemiliknya yang bijaksana, yang menemukan bagi emas itu pekerjaan yang menguntungkan sehingga ia beranak-pinak seperti kawanan ternak di padang.
  3. Emas aman dalam lindungan pemiliknya yang bijak, yang menginvestasikannya berdasarkan nasihat orang-orang yang terbukti ahli dalam pengelolaannya.
  4. Emas akan lari dari orang yang menginvestaikannya dalam usaha atau tujuan yang tidak diketahuinya dengan baik, atau tidak dianjurkan oleh orang-orang yang ahli dalam pengelolaannya.
  5. Emas akan lari dari orang yang memaksanya untuk memberi penghasilan yang mustahil, atau yang mengikuti bujukan mulut manis para penipu maupun pemimpi di siang bolong, atau yang tidak berpengalaman dan muluk-muluk dalam berinvestasi.

Demikianlah yang saya bisa review sedikit intisari dari buku The Richest Man in Babylon ini. Pelajaran yang dikisahkan sangat apik oleh penulisnya , layak mendapat julukan buku terbaik untuk dasar pengetahuan finansial menurutku.

Buku yang harus kamu baca.

close

Subscribe!

Dapatkan Postingan Terbaru Via Email !

Take a look at our Privacy Policy for more info.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *