Saya membaca di berita bahwa Charlie Munger membeli saham Alibaba (BABA) melalui Daily Journal , dimana dia merupakan Chariman dan pemegang saham Daily Journal.

Langsung saya searching dan kembangkan berita itu, dan melihat laporan-laporan keuangan Alibaba. Dan ternyata tentu saja itu menjadi suatu yang sangat menarik, dan membuat saya langsung Aha , ingin membeli saham Alibaba.

Lantas saya mencari-cari aplikasi apa saja yang bisa digunakan untuk membeli saham di US Stock Market.

Muncul lah pilihan Gotrade, dan ternyata salah satu pendirinya juga adalah orang Indonesia.

Sampai dengan saat ini Gotrade masih belum ada ijin resmi dari OJK, meskipun Gotrade sudah diregulasi di Malaysia oleh Labuan Financial Service and Securities Act 2010 .

Saya juga masih bertanya-tanya kenapa OJK belum meregulasi terkait ijin operator atau platform yang memudahkan kita untuk berinvestasi secara internasional.

Tapi menurut saya, hanya menunggu waktu, kegiatan investasi di seluruh dunia ini akan segera terhubung dengan teknologi, sehingga semua orang tidak hanya bisa berinvestasi di pasar modal negaranya, tapi juga bisa di pasar luar negeri.

Secara penggunaan aplikasi ini, menurutku sangat simpel dan mudah, pendaftarannya cukup singkat, gak sampai 1 jam, sudah terdaftar, dan verifikasi.

Pengiriman dananya cukup simple, bisa menggunakan transfer via bank, maupun gopay.

Untuk pembelian saham sendiri, bisa menggunakan dana yang cukup kecil, dan memperoleh saham dalam bentuk fraksional. Kalau di BEI, minimal pembelian kita dalam 100 lembar (1 lot) kalau di US Stock, bisa tergantung jumlah uangnya.

Jadi contohnya saham A dihargai 1 juta/lembar, karena terlalu mahal, kita bisa tidak harus membeli 1 lembar, tapi kita bisa membeli hanya 500rbu, jadi yang kita peroleh ada 0,5 lembar.

Untuk saat ini saya masih membeli dalam jumlah yang sangat kecil , dan cuma 1 saham saja (BABA), jadi masih belum ada transaksi jual, maupun penarikan dana.

Tapi next, saya ingin coba-coba, sehingga bisa lebih komplit dalam mereview.

Oke, cukup sekian review saya terkait pengalaman singkat menggunakan Gotrade, secara aplikasi , ini sangat simpel dan mudah digunakan, tapi secara regulasi resmi dari OJK kita, masih belum ada.

So, tetap waspada saja ya.

close

Subscribe!

Dapatkan Postingan Terbaru Via Email !

Take a look at our Privacy Policy for more info.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *