Apa itu MOAT? Buat yang sering membaca dan mendengarkan petuah/ajaran Warren Buffet, pastinya akan sangat familiar dengan kata-kata ini.

Secara defenisi Moat adalah Parit yang mengelilingi benteng. Suatu perlindungan yang membatasi pihak luar dari benteng itu sendiri.

Secara perusahaan, Moat itu bisa diartikan sebagai pelindung, keunggulan kompetitif, yang melindungi perusahaan itu dari para kompetitornya. Semakin tinggi/kuat moat suatu perusahaan itu, semakin baik lah dia mengamankan produknya di pasar.

Moat itu biasanya dalam bentuk Brand, Bisnis model yang baik, patent yang dimiliki oleh suatu perusahaan,dll. Contohnya, Aqua, memiliki moat yang sangat kuat dalam industri Air minum dalam kemasan (AMDK), bahkan untuk menyebut air mineral, orang bilangnya “Aqua” padahal bisa saja merknya Ades, Nestle, Le minerale, dll. Atau contoh lainnya Indomie, bahkan mie 100 pun orang-orang bilangnya Indomie.
Itu adalah istilah Moat dalam 2 produk tersebut.

Dengan adanya MOAT yang kuat dalam produk/perusahaan itu, tentu saja memberikan berbagai macam keuntungan :
1. Penguasa pasar (leading market share)
2. Kemampuan mengcreate atau menaikkan harga yang membuat GPM/NPM nya cukup baik

Dalam beberapa bulan terakhir ini, dan mungkin masih akan berlanjut , kondisi barang-barang pastinya akan naik dengan meningkatnya komoditas mulai dari batu bara, minyak bumi, cpo, yang mana ini akan memberikan dampak terhadap biaya produksi barang-barang jadi.

Nah, bagi perusahaan yang produknya sudah mempunyai moat yang cukup baik, tentu mempunyai kemampuan yang baik dalam meningkatkan harga jualnya, karena masyarakat biasanya tidak terlalu ngeh dengan kenaikan harga dari produk dengan merk-merk yang punya moat seperti yang saya sebutkan di atas.

Dan yang baiknya bagi perusahaan adalah, ketika harga komoditasnya nanti turun, biasanya harga produknya tidak akan turun, sehingga bisa menambah GPM/NPM perusahaan.

Tentu bagi investor yang mempunyai saham di bisnis dengan Moat yang sangat baik , akan sangat diuntungkan dengan kemampuan perusahaan mengcreate dan menaikkan laba .

Hal yang sulit sebaliknya terjadi pada perusahaan yang produknya tidak mempunyai moat, karena orang-orang tidak terlalu kenal dengan merk nya, perusahaan akan kesulitan bersaing harga, kalau mereka menaikkan harga, orang-orang akan lebih memilih produk lain, kalau tidak menaikkan harga, maka perusahaan akan terbebani .

close

Subscribe!

Dapatkan Postingan Terbaru Via Email !

Take a look at our Privacy Policy for more info.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *