Again , aku mengulangi ungkapan Charlie Munger, Value Investing adalah investasi yang kita dapatkan dengan mendapatkan harga yang jauh lebih rendah dibandingkan nilainya.

Tujuan sederhana orang melakukan investasi adalah ingin mendapatkan return yang setinggi mungkin, dan sebisa mungkin dalam waktu yang sesingkat munkgin.

Yang menjadi permasalahan adalah, tujuan itu tentu saja diperoleh di masa mendatang, entah itu semenit kemudian, sejam kemudian, sehari, atau bertahun-tahun kemudian. Intinya adalah masa depan.

Dan yang menjadi permasalahan adalah, tidak ada seorang pun yang tau pasti apa yang akan terjadi di masa mendatang, bahkan sedetik ke depan pun tidak.

Oleh karena itu apa yang dilakukan dengan value investing adalah dengan mengurangi resiko (manajemen resiko) dengan cara mencari harga suatu perusahaan (asset class) yang nilai nya jauh lebih rendah dibandingkan nilainya.

Itu adalah hal yang sudah tersedia (di laporan keuangan, atau laporan2 lainnya) saat ini yang bisa dinilai.

Dan keyakinan pada akhirnya bahwa harga suatu saham (asset class) di dalam jangka waktu tertentu (bisa jadi jangka panjang) akan mengikuti nilai asset class tersebut.

Tentu saja kesalahan penilaian itu bisa terjadi, namun kembali lagi, kesalahan itulah yang kita minimalkan, even 70% kita benar, itu sudah sangat bagus, karena pengulangan-pengulangan itu akan menghasilakn compounding yang nilainya bisa menjadi sangat besar.

close

Subscribe!

Dapatkan Postingan Terbaru Via Email !

Take a look at our Privacy Policy for more info.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *