Bersyukur sekali rasanya, masih bisa menjalani tahun 2021 ini dengan kondisi sehat, di tengah pandemi Covid 19 yang masih merepotkan seluruh dunia.

Oke, kali ini aku ingin mengulas sedikit kinerja portofolio pribadiku selama setahun ini .

Meskipun masih tersisa 2 minggu lalu untuk sampai di penghujung tahun 2021, tak ada salahnya aku ingin mengevaluasi kinerja sampai dengan saat ini.

Portofolio vs IHSG

Mengawali awal tahun 2021 dengan -8%, di akhir tahun ini, bersyukur kinerja portofolio ku bisa positif. Hampir sama dengan kinerja IHSG.

Meskipun secara persentasi overall, kinerja portofolioku +10%, namun dari segi market value, meningkat +37%, hal ini dikarenakan setiap bulan aku rutin menabung saham di emiten yang menurutku masih undervalue.

Sehingga dengan peningkatan modal, akan meningkatkan juga nilai rupiah nya, meskipun secara persentasi masih kecil.

Tahun 2021 ini menurutku cukup memberikan tantangan tersendiri , dimana maraknya pemberitaan sana sini yang membuat market naik turun, cenderung tidak kemana-mana.

Sektor Bank Digital dan perkapalan memegang panggung di 2021 ini, harga komoditas batu bara dan CPO menjadi gemilang , yang diikuti juga pengingkatan kinerja dan harga sahamnya.

Overall, tahun ini buatku cukup memberikan banyak pelajaran dan kesabaran untuk tetap berinvestasi di perusahaan-perusahaan yang baik, dengan harga yang baik pula.

Aku gak pernah tau seperti apa ke depannya, namun yang selalu kutanamkan dalam prinsipku dalam berinvestasi di saham adalah :

  1. Menjadikan saham sebagai kepemilikan bisnis
  2. Beli saham yang kita punya circle of competence di dalamnya
  3. Margin of safety sebagai downside protection

Setelah itu biarkan waktu yang memberikan jawabannya.

2022 sebentar lagi akan kita jalani, semoga tetap selalu sehat, dan segera bisa financial freedom . Amin.

close

Subscribe!

Dapatkan Postingan Terbaru Via Email !

Take a look at our Privacy Policy for more info.

Leave a Reply

Your email address will not be published.