Perusahaan Financial menurutku merupakan salah satu perusahaan yang cukup rumit. Dan Adira Mulitifinance (ADMF) adalah salah satunya.

Ide bisnis dari perusahaan multifinance ini sebenarnya sederhana. Dimana ADMF ini mencari pendanaan dari luar , bisa berupa Obligasi, SUKUK atau pinjaman lainnya, lalu dari dana yang di dapatkan tadi, perusahaan akan membiayai terlebih dahulu pembelian dari konsumen, dan konsumen akan membayarkan secara kredit ke ADMF.

Tentu beban bunga yang dibayarkan oleh konsumen menjadi lebih tinggi.

Contohnya, ADMF membayar bunga atas obligasi nya sebesar 10%, maka konsumen yang menjadi debitur akan membayar lebih dari 10% ke ADMF, contoh 25%. Sehingga total keuntungan ADMF sebesar 15%.

Tentu itu adalah hitungan yang sangat sederhananya. Dan detail nya di dalam laporan keuangan, akan sangat banyak variabel-variabel yang pada akhirnya mempengaruhi Bottom line (laba) perusahaan.

Saya tidak terlalu ingin membahas kinerja dari laporan keuangan nya secara mendetail, karena yang ingin saya bahas di sini , lebih ke pengembalian keuntungan kepada pemegang saham .

Komposisi Pemegang Saham

Jadi ADMF, dikuasai oleh Bank Danamon 92%, dan Bank Danamon dikuasai oleh MUFG (bank terbesar Jepang) sebesar 94%.

Lagi-lagi , perusahaan-perusahaan hebat yang beroperasi di negara kita, dikuasai oleh asing.

Well, semoga ke depan kita bisa memperbesar kepemilikian saham kita atas perusahaan-perusahaan hebat yang listing di BEI.

Nah, apa yang diharapkan oleh investor pengendali dari hasil operasional perusahaannya? Yapp tentu saja pembagian hasil keuntungan. Dan biasanya dalam bentuk dividen atau royalti .

Nah, disini aku sudah rekap, hasil pembagian dividen tiap tahunnya dari perusahaan ini. Dan sangat mencengangkan buat saya pribadi, bahwa nilai yield nya sangat wow dibandingkan yield dividen perusahaan lain.

Dari tabel di atas, bisa kita liat, bahwa kalau kita menginvestasikan dana kita mulai tahun 2013, dengan harga 7675/lembar , maka kita akan memperoleh return dari dividen saja, sebesar 93%. Hampir One Bagger.

Tak perlu pusing-pusing melihat naik turunnya harga. Cukup duduk manis, tiap tahun uang ngalir dari dividen .

Hehe.

Tidak kah dengan harga pembelian 7600an saat ini , menjadi peluang yang sangat menggiurkan untuk menjadi bagian kecil dalam kepemilikian perusahaan ADMF ini?

close

Subscribe!

Dapatkan Postingan Terbaru Via Email !

Take a look at our Privacy Policy for more info.

One thought on “Return Dividen ADMF Selama 7 Tahun, Hampir One Bagger”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *