Dalam bukunya yang berjudul Atomic Habit, James Clear menuliskan , ” Mendapatkan arena tempat Anda berpeluang menang sangatlah penting untuk mempertahankan motivasi dan membuat anda sukses”.

Saya jadi ingat perkataan Charlie Munger, seorang Investor Legendaris, yang mengatakan seperti ini , “Aku tidak ingin bermain (berinvestasi) di mana orang lain lebih memiliki keunggulan dibandingkan aku, kalau kalian memiliki perusahaan farmasi dan tau obat apa yang akan ditemukan, maka kalian memiliki keunggulan, dan aku aku gak memiliki keunggulan itu. Aku akan mencari dimana aku lebih bijak, dan orang lain lebih bodoh, percayalah, itu akan berhasil. You know, God bless our stupid competitor, they make us rich”.

Aku menonton video itu langsung terkesima . Ini lah yang diartikan oleh Buffet Cirle of Competence.

Di dunia investasi pasar modal, membeli sesuatu yang kita tidak paham , akan membuat kita sebagai stupid competitor yang mana tinggal menunggu waktu saja, dana kita akan dihabisi oleh mereka yang lebih bijak.

Bagaimana kalau kita tidak mempunyai keunggulan?

Ya Belajar, belajar lebih keras dari yang lain, Berusaha lebih keras dari yang lain, belajar dari yang terbaik.

So, yang paling penting adalah kemampuan untuk selalu belajar . Untuk meningkatkan circle of competence kita. Sehingga kita memiliki lebih banyak keunggulan untuk bermain dan mencapai tujuan investasi kita.

close

Subscribe!

Dapatkan Postingan Terbaru Via Email !

Take a look at our Privacy Policy for more info.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *