Aku mau sedikit share tentang usahaku dalam membangun passive income. Sayang sekali sebenarnya, aku terlalu lambat dalam memulai nya. Tapi seperti kata orang-orang yang sudah berpengalaman, investasi terbaik adalah 20 tahun lalu, yang kedua adalah saat ini.

Investasi terbaik adalah investasi terhadap diri sendiri . Begitulah kata-kata magis warren buffet. Aku butuh waktu, untuk memahami perkataan yang sederhana itu. Mungkin kisah ini bisa sedikit membantu kita memahaminya.

Mengutip tulisan Tung Dasem dari bukunya Financial Revolution, Kalau uang yang ada diseluruh dunia ini dibagi rata, setiap orang akan menerima USD 2.400.000 atau sekitar Rp. 24 miliar (dengan asumsi 1 USD = Rp.10.000. ( wealth mastery, Singapore 2001).

Marshall Silver dalam bukunya Passion, Profit & Power menyebutkan hanya 1 % orang yang menguasai 50% uang yang beredar di dunia.

Yang lebih menyedihkan dalam lima tahun jika saja masing-masing orang di dunia diberi uang 24 miliar komposisinya akan kembali ke angka semula yaitu 1% orang akan kembali menguasai 50% uang beredar dan 5% orang akan kembali menguasai 90% uang yang beredar.

Itulah kenapa pentingnya investasi ke diri sendiri dulu. Kalau kita gak investasi terhadap ilmunya, apa pun yang diberikan ke kita akan lepas juga pada akhirnya, apalagi uang .

Hidup itu adalah suatu kepantasan. Kita akan memperoleh sesuatu kalau kita memang sudah pantas mendapatkannya.

Oke, itu adalah sedikit intermezzo.

kembali ke topik. Salah satu caraku membangun passive income, selain dari berinvestasi di pasar saham adalah dengan membangun website .

Aku membuat website ini mulai pertengahan bulan agustus 2021. Beberapa tulisan di awal-awal, aku copy dari tulisanku yang di blog sebelumnya.

Isi dari blog ini adalah spesifik tentang investasi di pasar modal. Walaupun sesekali kusisipkan hal-hal yang menurutku juga penting. Seperti perumahan, atau bisnis lainnya.

Melihat data investor baru selama 3 tahun terakhir, peningkatannya luar biasa besar. Namun aku sangat-sangat yakin, bahwa literasi nya masih sangat minim. Oleh karena itu lah , tujuanku salah satunya membuat website ini untuk menambah sumber literasi buat teman-teman.

Termasuk buat ku pribadi, karena menurutku hidup ini harus selalu belajar. Apalagi sebelum aku menulis, pastinya aku harus terlebih dahulu mempelajari topik yang ingin aku tuangkan di tulisan. Sehingga keuntungan juga buatku, selain bisa berbagi ke banyak orang.

Di samping itu, tentu ada peluang pendapatan yang diberikan dari website ini sendiri. Yaitu google adsense. Beruntungnya, ketika aku membuat website ini, sekitar 2 minggu kemudian, google meng approve website ini untuk menampilkan iklan , yang bisa memberikan pemasukan.

Dannn hasilnya sampai dengan saat ini adalahhh Rp 22.500. Hahahaha. Bersyukur ada yang mau membayar tulisan di website ini. hehehe.

Tentu harapan ku ke depan, semakin banyak ilmu yang kudapatkan dan bisa kubagikan di website ini, supaya literasi para investor kita semakin banyak.

Happy Reading, Happy Investing.

close

Subscribe!

Dapatkan Postingan Terbaru Via Email !

Take a look at our Privacy Policy for more info.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *