Dalam rentang waktu yang tidak terlalu jauh, pengunduran diri 2 direksi dan 1 komisaris di perusahaan TUGU insurance, sungguh membuat banyak pertanyaan terhadap perusahaan ini. Apa yang terjadi?

Dimulai dari tanggal 18 Maret 2022, Direktur utama mengundurkan diri. Disusul tanggal 22 April 2022, Direktur kepatuhan & manajemen resiko, serta salah satu komisaris nya yang mengundurkan diri.

Tentu saja tidak dijelaskan secara detail alasan pribadi masing-masing untuk memutuskan pengunduran diri ini.

Namun sebagai investor, tentu ini adalah sebuah pertanyaan besar. Dari pengalaman pribadi sebelumnya, aku sangat concern terhadap manajemen (GCG) yang baik. Tak peduli semurah apa valuasi emiten saham perusahaan tersebut diperdagangkan di bursa. Apabila menurut penilaianku bahwa ada sesuatu yang tidak beres di dalam manajemennya, maka perusahaan itu, not for me.

Dan emiten ini mengajariku tentang hal itu. Emiten ini masuk dalam portofolioku dari mulai tahun lalu, berdasarkan penilaian valuasi yang menurutku sudah sangat sangat murah. Ditambah penjelasan dari direktur utamanya terkait bisnis model dan kondisi perusahaan.

Sangat visioner dan potensial dalam bidang industri asuransi umum.

Namun, sangat disayangkan, berita ini muncul dalam waktu yang berdekatan. Maka dengan berat hati, aku memutuskan untuk melakukan penjualan saham emiten ini.

Kalau salah satu direktur nya yang mundur, mungkin masih bisa ditoleransi, bisa saja alasan pribadi karena sakit, atau faktor diberhentikan,dll . Namun kalau sudah sampai 3 orang petingginya yang mengundurkan diri, tentu saja ini hal yang cukup aneh. Apakah petingginya yang bermasalah, atau perusahaan di balik itu yang bermasalah. Yang pasti menurutku, tentu saja ada masalah di balik itu.

Tidak ada yang tau seperti apa ke depannya perusahaan ini. Tapi aku jadi ingat perkataan warren buffet, bahwa bisnis sebaik apapun apabila dikelola oleh manajemen yang buruk akan berakhir buruk. Pengalaman ini mungkin memberikan pelajaran yang baik buatku , untuk sedikit memahami perkataan-perkataan investor legendaris bahwa memang salah satu penilaian paling penting dalam berinvestasi di perusahaan adalah manajemen.

Management is numero uno .

The best for you TUGU.

Catatan : Bukan merupakan anjuran menjual/membeli emiten ini. Resiko yang terjadi akibat tulisan ini, menjadi milik pembaca sepenuhnya.

close

Subscribe!

Dapatkan Postingan Terbaru Via Email !

Take a look at our Privacy Policy for more info.

Leave a Reply

Your email address will not be published.